Selamat datang di (ARGEM Creativiti) Blogger Arek Gempol Dander Bojonegoro,Semoga isi di dalam blog ini bisa bermanfa'at bagi kalian semua, TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Membuat Sendiri Lampu Emergency

Cara membuat lampu hemat energi atau lampu darurat, misalnya ketika lampu PLN sedang padam. Rangkaian lampu ini hanya membutuhkan tegangan 12 V, dan mampu menghidupkan lampu TL 40 watt (20 watt 2x). Rangkaian ini bisa sebagai alternatif cara membuat lampu hemat energi atau jika ingin membuat sendiri lampu hemat energi menggunakan LED, lihat artikel saya sebelumnya "LAMPU HEMAT ENERGI".

Skema Rangkaian


Foto Rangkaian Jadi


Cara membuat lilitan :
Siapkan batang inti ferit (biasanya ada pada rangkaian radio tua bekas atau beli aja di toko elektronika, beli batang ferit dengan diameter 1 cm).

Buat 3 (tiga lilitan pada batang ferit tersebut) :


1. Lilitan pertama (primer) : 58 lilitan, diameter kawat 0,6 mm, delilitkan pada batang ferit agak renggang menempati 6 cm pada batang ferid.


2. Lilitan kedua : 13 lilitan, diameter kawat 0,3 mm, dililitkan pada batang ferit renggang memempati kurang dari 6 cm pada batang ferit.


3. Lilitan ketiga (sekunder) : 250 lilitan, diameter kawat 0,3 mm
catatan : antara lilitan satu dengan yang lainnya diberi sekat menggunakan kertas, termasuk juga antara batang ferit dengan lilitan pertama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar